Alagraph Inovasi Pemuda Melawan Arus Clickbait

Senin, 1 Januari 2018 10:31
Alagraph Inovasi Pemuda Melawan Arus Clickbait
istimewa

Koordinator Divisi Organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar sekaligus dewan redaksi Alagraph, Nurdin Amir.

Alagraph.com , Makassar- “Kita semua harus menerima kenyataan, tapi menerima kenyataan saja adalah pekerjaan manusia yang tak mampu lagi berkembang. Karena manusia juga bisa membikin kenyataan-kenyataan baru. Kalau tak ada orang mau membikin kenyataan-kenyataan baru, maka ‘kemajuan’ sebagai kata dan makna sepatutnya dihapuskan dari kamus umat manusia.” Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo dalam pribadi tokoh bernama Minke.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, sekelompok pemuda mencoba melawan arus di tengah kekacauan Clickbait (umpan balik, asal Anda klik) menjadi arus utama pelbagai media online.

Bahkan peyorasi yang dilakukan sudah menjadi hal utama bagi seorang jurnalis yang memilih arus tersebut.

Berbeda dengan sekelompok pemuda ini, mereka berani mencoba mengembalikan khitah sebuah posisi publik dalam ruang media atau informasi, hasil karya jurnalistik.

Kelahiran Alagraph.com yang berpusat di Makassar, akan menjadi pilihan lain di mata para pembaca dan juga publik khususnya warganet.

Ini era digital. Rubrik pembaca adalah hal yang ditunggu. Di Makassar belum ada yang memberi ruang seperti ini.

Alagraph.com adalah warna baru dan semoga menjadi pilihan utama di era banjir informasi.

Dengan menempatkan AG-user sebagai milik publik atau untuk siapa saja, maka inovasi Alagraph.com, mengedepankan sebagai revolusi fisik jurnalistik.

Konten bukan lagi dominasi para wartawan. Dan pewarta di sini lebih bijak melihat kepentingan bisnis perusahaannya atau komodifikasi konten.

Baca juga: VIDEO: Peserta AG-user Belajar Video Jurnalistik (1)

Alagraph ada kolaborasi pengembangan konten, mengakomodasi semua kalangan yang punya pengalaman bernilai untuk publik tahu.

Ini sangat berguna untuk masyarakat kita, karena berhak menyampaikan informasinya agar diketahui sehingga bermanfaat bagi yang lainnya dengan AG-user inovasi Alagraph.com.

Semoga kehadiran Alagraph.com mampu membawa perubahan untuk publik kita yang lebih baik.

 

Nurdin Amir, koordinator Divisi Organisasi AJI Makassar sekaligus dewan redaksi Alagraph

Penulis: Badauni AP
Sumber: Alagraph

Tags: Alagraph AJI Makassar Media Sosial Nurdin Amir
Baca Juga:
Komentar