AG-user

Jurnalisme Warga

AG-user Alagraph Jurnalisme Warga yang Mendidik

Minggu, 7 Januari 2018 21:28
AG-user Alagraph Jurnalisme Warga yang Mendidik
AG-User

Ilham Mangenre Saat menjelaskan portal Alagraph di depan mahasiswa, di warkop Independen, jln Toddopuli. Selasa (02/01/2018).

Di tengah gemuruh jurnalisme online di era transformasi media masa kini, alhasil konsumsi informasi semakin banyak pilihan. sayangnya tidak semua media online menghadirkan berita yang layak, yang lebih parah dari munculnya berita-berita yang tak dapat dipertanggungjawabkan bahkan cenderung Hoax atau berita bohong, dan tak jarang hal itu memicu konflik yang menghasilkan perpecahan.

Alagraph hadir untuk menjawab keresahan yang dialami masyarakat selaku konsumen informasi. Mengusung slogan "Milk Anda, Pilar Bangsa". 

lham Mangenre, selaku pemimpin redaksi sekaligus penanggung jawab berkisah situs berita ini di rancang selama dua tahun. 

"portal ini baru beberapa hari yang lalu kami buat, tapi persiapannya dua tahun" ujar mantan Wartawan Tribun Timur ini. 

yang paling menarik perhatian saya adalah, konsep jurnalisme warga yang ditawarkan portal ini dengan sebutan AG- User. AG-user sendiri merupakan Platform yang ditujukan bagi masyarakat untuk menjadi pewarta warga yang bebas mengekspresikan tulisannya, tentu dengan kaidah Jurnalistik yang baik dan benar.

Alagraph sebenarnya bukan yang pertamakali menciptakan konsep jurnalisme warga ini. sebelumnya sudah ada Kompasiana, Ohmynews, iReport, serta BaleBengong.

konsep yang sangat menarik menurut saya, sebab setiap orang bisa terlibat memproduksi dan mengkonsumsi, egaliter atau semua orang punya posisi yang sama, dan gaya bahasanya yang cenderung santai dan populer atau mudah dicerna berbagai kalangan. 

(AG1)
 

Faisal Mustafa

Faisal Mustafa

Mahasiswa Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
Tags: Alagraph AG-user UKM LIMA Washilah
Baca Juga:
Komentar