AG-user

Ibadah Haji 2019

Andi Indra, Spesialis Anestesi yang Nyambi jadi Tukang Cukur

Senin, 12 Agustus 2019 20:24
Andi Indra, Spesialis Anestesi yang Nyambi jadi Tukang Cukur
AG-User (Dr. H. A. Muhammad Akmal, S. Ag, MHI)

Dokter Indra sedang asyik menggunduli seorang jamaah yang telah merampungkan rangkaian ibadah haji.

Alagraph.com, Arab Saudi - Saya salut dan terharu melihat dr Andi Indra Gunawan, Sp.An.KMN, di samping tugas pokoknya sebagai Petugas Haji PIHK Ananda Group di Tanah Suci, melayani jemaahyang sakit,  juga dengan kerelaan hati, ia mencukur dan menggunduli puluhan lelaki dari jamaah Ananda Group.

"Ini, anugra loh, anu gratis," kelakar suami dr Sopia Latif, Sp.Rad ini, alias majjaanan, kata orang Arab. Seperti yang terlihat, Ahad Siang hingga Sore, 10 Zulhijjah 1440 H bertepatan (11/8/19), di tenda Mina, Maktab 115, setelah rangkaian rukun jaji telah dilaksanakan, yaitu Ihram, Wukuf, Tawaf Ifaadhah, Sai n Tahallul.

Saat ditanya, sejak kapan ahli mencukurnya, dok? "Sejak kuliah, dan memang senang membantu teman," jawab dokter spesialis anestesi kelahiran Parepare, 29 September 1977.

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW, "Yaa Allah, Ampunilah dosa dosa hamba Mu yang menggundul 3x (Tahallul), Yaa Allah, Ampunilah dosa dosa Hamba Mu, yang memendekkan rambutnya" jadi, 3 banding satu, tiga kali didoakan Rasulullah, bagi yang menggundul, dan hanya satu kali, bagi yang hanya memendekkan rambutnya, setelah tahallul.

Suatu saat, saya tanya, apa tidak pernah merasa lelah melayani pasien, dok? Dari satu rumah sakit ke rumah sakit yang lain, RS. Ananda, RS. Paramount dan RS Amanah.  "Saya banyak belajar dari guru saya, Prof. Dr. dr. H.A. Husni Tanra, bahwa apabila kita melaksanakan tugas dengan ikhlas, sepenuh hati melayani pasien, maka capek dan lelah akan hilang".

Jawabannya sontak membuat saya tertegun, keikhlasan itulah puncak dan inti dari ajaran agama, dan hanya amal ikhlaslah yang akan diterima oleh Allah SWT.

Semoga kita bisa senantiasa ikhlas dalam menjalani segala aktivitas. 

Dr. H. A. Muhammad Akmal, S. Ag, MHI

Dr. H. A. Muhammad Akmal, S. Ag, MHI

Dosen UIN Alauddin Makassar DPK UIM
Tags: Ibadah Haji 2019 dr Andi Indra Gunawan Arab Saudi
Baca Juga:
Komentar