Home ยป Sains

Asteroid Seukuran Gedung Pencakar Langit Mengarah ke Bumi

Selasa, 23 Januari 2018 03:07
Asteroid Seukuran Gedung Pencakar Langit Mengarah ke Bumi
lainnya ( pixabay.com )

Ilustrasi asteroid

Alagraph.com - Asteroid "berpotensi berbahaya", yang berukuran lebih besar dari bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa, dilaporkan mengarah ke Bumi pada kecepatan 76.000 mil per jam.

Menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA), yang diberitakan Rusia Today, Asteroid 2002 AJ129 itu disebut bakal terbang melewati Bumi pada tanggal 4 Februari, yang berada dalam jarak 2,6 juta mil (4,2 juta kilometer) dari planet kita.

Meskipun ini setara dengan sepuluh kali jarak antara Bumi dan bulan, ia termasuk dalam parameter "berpotensi berbahaya" - klasifikasi diterapkan pada asteroid manapun di 4,6 juta mil dari Bumi.

Batu yang berukuran hingga 0,75 mil (1,2 kilometer) dan akan mencapai kecepatan 76.000 mph pada pendekatan terdekatnya - lebih besar dari pada sebagian besar benda di sekitar Bumi saat melintasi Bumi.

Kecepatan melintas yang tinggi adalah hasil orbit asteroid, yang ujungnya sangat dekat dengan matahari. Meski demikian, NASA menyatakan secara teori tidak ada ancaman tabrakan dengan planet kita.

"Kami telah melacak asteroid ini selama lebih dari 14 tahun dan mengetahui orbitnya dengan sangat akurat," kata Paul Chodas dari Laboratorium Propulsi Jet NASA.

"Perhitungan kami menunjukkan bahwa asteroid 2002 AJ129 tidak memiliki peluang - nol - bertabrakan dengan Bumi pada 4 Februari atau dalam waktu 100 tahun ke depan."

Ini adalah kabar baik bagi semua penduduk karena jika batu raksasa itu menabraknya akan menyebabkan kerusakan serius dan berdampak lama.

Penelitian dari 2016 memperkirakan bahwa tubrukan semacam itu dapat menyebabkan "dampak global yang sangat parah" selama beberapa tahun, yang menandai era mini es.

Charles Bardeen, dari Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Boulder, Colorado, yang memimpin eksperimen pemodelan tersebut mengatakan, "Ini tidak akan menjadi saat yang menyenangkan."

Namun, pada catatan yang lebih positif, tim tersebut mengatakan sebuah asteroid setidaknya harus 10 kali lebih besar daripada yang ini untuk melenyapkan seluruh planet. Asteroid yang diyakini telah menyebabkan kepunahan dinosaurus 65 juta tahun yang lalu sekitar 6 mil (10 km).

Asteroid 2002 AJ129 akan melewati Bumi pada 21.30 UTC pada tanggal 4 Februari dan tidak akan mendekati planet ini lagi sampai tahun 2172.

Sumber: Rusia Today

Tags: luar angkasa Nasa Asteroid
Baca Juga:
Komentar