AG-user

Maestro Gendang Makassar Bakal Meriahkan "Power Of Culture" Takalar

Selasa, 15 Oktober 2019 16:38
Maestro Gendang Makassar Bakal Meriahkan
AG-User (Dita Pahebong S. Sn)

Maestro gendang Makassar Daeng Mile (tengah) diapit panitia acara Power of Culture.

Maestro Gendang Makassar, Daeng Mile, bakal terlibat dalam acara Power Of Culture yang akan diselenggarakan oleh sanggar seni Benteng sipappa pada bulan November yang akan datang. Bapak mile terlihat sangat antusias setelah mendengarkan penjelasan Terkait event yang akan kita selenggarakan nantinya.

Menurut Daeng Matangnga selaku pembina sanggar, Bapak Mile terlihat semangat mendengarkan pemaparan saya. Mungkin beliau Tertarik karena pada acara tersebut kita akan melibatkan Maestro, anak sekolah, komunitas, dan sanggar seni, untuk sama-sama berkolaborasi dalam sebuah tarian tradisional. Yah kita tau sendiri, seorang maestro tentu sangat bahagia serta bangga jika ada generasi muda yang siap menjadi penerus seni tradisi kita, ini adalah kesempatan yang baik untuk sama-sama mengobarkan semangat bagi generasi untuk kembali menjaga ekosistem kebudayaan kita. Tutur Daeng Matangnga. 

 Lanjut Daeng Matangnga mengatakan bahwa Acara power of culture kali ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi generasi karena bisa terlibat secara langsung bermain bersama maestro.

Mile adalah maestro gendang yang usianya sudah mulai menuah meski demikian, semangat dalam menabuh gendang tidak pernah luntur. Beberapa penampilannya yang selalu menuai germuru tepuk tangan dari penonto. Kelihaian tangannya dan atraksinya menjadi salah satu ciri khas dari maestro yang berkumis tebal ini. Maestro gendang makassar yang akrab di panggil bapak Mile bukan hanya diakui di Sulawesi Selatan.

Beberapa Seniman dari luar kota hingga luar negeri juga mengakui kelihaiannya dalam memainkan gendang. Itulah alasan kita mengapa maestro bapak Mile langsung di jumpai dirumahnya yang beralamat di kalaserena kabupaten Gowa. 

Tujuan acara yang melibatkan Maestro salah satunya adalah memberi pengalaman pada generasi penerus mengenai seni tradisional dengan harapan generasi penerus mampu membentuk dan memperkuat jati diri  sebagai penentu karakter bangsa di masa depan. "Karena masa depan kebudayaan kita di tentukan oleh generasi muda saat ini," kata Daeng Mattangnga.

Dita Pahebong S. Sn

Dita Pahebong S. Sn

Etnomusikologi ISI Yogyakarta
Tags: Takalar Budaya
Baca Juga:
Komentar