Belajar Tulis Cerpen Bersama Penerbit MIB Indonesia

Minggu, 30 Desember 2018 17:53
Belajar Tulis Cerpen Bersama Penerbit MIB Indonesia
ist

Empat peserta berkesempatan menggali ilmu menulis cerpen dari salah satu pelatih cerpen MIB Aurora Rahmah, Jumat (28/12/2018).

Alagraph.com, Makassar- Penerbit MIB Indonesia mengadakan pelatihan menulis cerpen pada Jumat (28/12/2018) di salah satu warung kopi Makassar.

Empat peserta berkesempatan menggali ilmu menulis cerpen dari salah satu pelatih cerpen MIB Aurora Rahmah.

Meski harus merogoh kocek, Siti Aisyah Sukardi dan tiga peserta lainnya antusias mengikuti training selama enam jam.

Salah satu pelajaran penting yang dipetik peserta adalah pentingnya menggunakan nama pena dalam karya cerpen. "Menulis cerpen tidak boleh pakai nama asli karena kalau pakai nama asli sama saja kalau diceritai orang (menggibah)," ungkap Aisyah.

Baca juga: Ketua KPU Makassar: 17 April Harus Jadi Hari Membahagiakan Generasi Millenials

Selain itu, poin penting lainnya adalah saat menulis jangan sambil mengedit tulisan karena tulisan tidak akan selesai. Jadi, menulislah terlebih dahulu hingga selesai, kemudian lanjut mengeditnya.

"Hal menarik yang saya dapatkan adalah nilai tambah untuk memperbaiki karya-karya saya yang sudah saya buat sebelumnya," celetuk Mahasiswa Ekonomi  Universitas Negeri Makassar, Rahmat, yang juga peserta pelatihan.

Empat peserta berkesempatan menggali ilmu menulis cerpen dari salah satu pelatih cerpen MIB Aurora Rahmah, Jumat (28/12/2018).

Kelebihan lain yang bisa didapatkan peserta adalah kesempatan menerbitkan karya tanpa dipungut biaya sepeserpun. 

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Masih Aktif dan Berpotensi Timbulkan Tsunami

Sesuai dengan slogan MIB 'make your own book' maka penerbit ini membuka pintu selebar-lebarnya untuk peserta pelatihan dan anggota lainnya untuk menerbitkan karya. Meliputi ISBN gratis, desain cover, editing, dan layouting.

Alasan ini pula yang membuat banyak peserta tertarik mengasah kemampuan menulisnya.

Tak hanya mahasiswa yang mengikuti pelatihan, pelajar SMA punn tak mau ketinggalan. Salah satunya adalah Miftahul Hikmah bersama saudara perempuannya Fatimah Ar-rahma yang berstatus mahasiswa aktif UGM.

"Selama ini kalau saya bikin tulisan tidak pernah kelar. Tapi di kegiatan ini tulisan bisa langsung jadi," ucap Fatimah. (Alagraph)

Editor: Ramdha Mawaddha
Sumber: Alagraph

Tags: Cerpen Pelatihan menulis MIB Indonesia
Baca Juga:
Komentar