Bidikmisi Awards: Panggilan Berkarya bagi Alumni Bidikmisi

Minggu, 12 Mei 2019 06:52
Bidikmisi Awards: Panggilan Berkarya bagi Alumni Bidikmisi
Ist

Ilustrasi produksi film dokumenter.

Alagraph.com- Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti menyelenggarakan  Lomba Film Dokumenter Pendek “Bidikmisi Awards”. Ajang ini untuk menghimpun cerita inspiratif dari penerima Beasiswa Bidikmisi.

Cerita inspiratif dari perjuangan, kesedihan, hingga keberhasilan dari para penerima Bidikmisi dianggap perlu dibagikan untuk generasi muda di masa kini.

Dilansir dari laman belmawa.ristekdikti.go.id, Bidikmisi Award diselenggerakan dengan Eagle Institute Indonesia (EII) yang sudah berpengalaman untuk mengadakan kompetisi film dokumenter sejak tahun 2005.

Kompetisi ini ingin menunjukkan bahwa penerima Bidikmisi bukan hanya bertujuan agar mendapatkan biaya kuliah. Melalui penyaringan yang ketat, Kemristekdikti ingin membentuk generasi muda yang memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin.

Baca juga: Cerita Menemukan Beasiswa Bidikmisi

Film yang kelak dilombakan merupakan hasil penyaringan dari proposal terpilih dengan mendapatkan pendampingan secara bertahap oleh EII.

Tahapan dimulai dari pendalaman ide berdasarkan riset yang dikembangkan saat workshop, kontrol produksi di lapangan hingga supervisi saat pasca produksi berlangsung.

Tentang Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi atau bantuan pendidikan mahasiswa miskin berprestasi merupakan bantuan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2010.

Bidikmisi saat ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bagi calon maupun mahasiswa tidak mampu dan memiliki potensi akademik.

Hingga tahun 2019 ada 600.000 lebih penerima yang tersebar di seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Baca juga: Ini Jadwal Seleksi Beasiswa LPDP 2019

Berdasarkan hasil “tracer study” tahun 2018, setelah menyelesaikan pendidikan S1, alumni Bidikmisi dapat menentukan pilihannya masing-masing.

Program Bidikmisi telah sukses menghasilkan alumni yang mandiri dan produktif. Dibuktikan dengan sebagian besar alumni yang mencapai 67 persen dapat langsung bekerja, 17 persen alumni memilih untuk berkeluarga, 9 persen melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, dan hanya 7 persen lainnya sedang mencari pekerjaan.

Di tiap kota maupun universitas, penerima Bidikmisi bahkan membuat asosiasi dan melakukan aktivitas luhur antara lain menyantuni adik kelasnya karena ingin berbagi tanpa harus menunggu mereka lulus maupun berlimpah rezeki. (*)

Editor: Sriwidiah Rosalina Bst
Sumber: Ristekdikti

Tags: Bidikmisi Awards Bidikmisi 2019 Beasiswa Bidikmisi
Komentar