AG-user

Ibadah Haji 2019

Buka Puasa Antarbangsa

Minggu, 4 Agustus 2019 12:07
Buka Puasa Antarbangsa
AG-User (Dr. H. A. Muhammad Akmal, S. Ag, MHI)

Buka puasa bersama lintas bangsa di salah satu bagian Masjid Nabawi, Sabtu (02/08/19) waktu Arab Saudi.

Saat ini, kita berada dalam awaail asyrah min dzilhijjah (sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah). Rasulullah Saw, dalam makna hadisnya, menyampaikan bahwa, amal saleh yang paling mulia dilakukan seorang muslim, adalah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

Di antara amal saleh, berpuasa dan menyuguhkan buka puasa. Keutamaannya, berdasarkan hadis Rasulullah Saw, bahwa satu hari berpuasa pada awal bulan Dzulhijjah, pahalanya seperti puasa setahun n siapa yang shalat pada malam harinya, maka seperti shalat pada saat Lailatul Qadri.

Apalagi, puasa pada hari Arafah (9 Dzulhijjah), maka Allah Swt, akan mengampuni dosanya selama 2 tahun. Sedangkan, Pihak yang menyuguhkan buka puasa, mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa, merujuk makna hadits Rasulullah Saw.

Inilah yang mendasari banyak pihak di Madinah, berlomba-lomba menyuguhkan buka puasa bersama di Masjid Nabawi.

Alhamdulillah, kami saksikan, sejak tgl 1 Dzulhijjah, Jumat, selepas shalat Ashar, banyak terlihat banyak sekali yang sibuk mempersiapkan suguhan buka puasa, yang hampir memenuhi seperdua masjid Nabawi.

Bahkan, beberapa orang, seolah memperebutkan jamaah agar duduk di tempatnya, untuk ikut menikmati suguhannya.

Kurma, yoghurt, aneka roti, teh, kopi, air zam zam, semuanya dalam porsi besar (ukuran Arab), tentunya, kita harus beradaptasi dengan suguhan tersebut.

Dapat dihayati, bahwa mereka berlomba untuk mendapatkan pahala dengan saling berbagi kepada sesama, tanpa mengenal kasta, asal negara. Semuanya berbaur bersama dalam indahnya keberagaman dan hangatnya persaudaraan.

Dr. H. A. Muhammad Akmal, S. Ag, MHI

Dr. H. A. Muhammad Akmal, S. Ag, MHI

Dosen UIN Alauddin Makassar DPK UIM
Tags: Ibadah Haji 2019
Baca Juga:
Komentar