AG-user

Bulan Terbelah di Langit Marvel

Jumat, 26 Juli 2019 13:17
Bulan Terbelah di Langit Marvel
AG-User (Abd Muid N)

Ist

Ada yang berbeda dalam film Marvel Studios yang masih tayang hingga Juli 2019, Spiderman: Far form Home. Spiderman, yang dikisahkan masih menempuh pendidikan di tingkat sekolah menengah atas, memiliki teman sekelas yang memakai hijab. Namanya, Zoha (diperankan oleh Zoha Rahman). Dia disebut sebagai first hijabi character in the MCU

Sesungguhnya kehadiran nuansa Islami di Marvel bukanlah hal yang baru, meski di Semesta Sinematik Marvel (MCU) adalah yang pertama. Sebelumnya telah ada karakter yang bahkan lebih kuat karena adalah seorang super hero perempuan yang bernama Kamala Khan. Dikabarkan, karakter super hero ini akan dibuatkan serialnya sendiri. Pertama kali, karakter Kamala Khan hadir di seri Captain Marvel di tahun 2013.

Bagaimana membaca kenyataan ini? Apakah ini tanda kemenangan kapitalisme yang mampu merasuk ke semua lini kehidupan, termasuk lini agama? Jika benar, maka ada satu kalimat kunci: Apapun itu akan dieksploitasi oleh kapitalisme untuk semakin memperkaya dirinya. Minat kepada bacaan, termasuk kepada komik yang diproduksi oleh Marvel, sangat tergantung kepada keterlibatan dan keterwakilan identitas pembaca di dalam bacaan-bacaan mereka. Minat baca (dan beli) pembaca Muslim dipastikan meningkat jika mereka merasa terlawikili oleh bacaannya.

Atau apakah itu adalah tanda kemenangan agama atas kapitalisme? Bisa saja iya. Bagi Generasi M, kenyataan itu adalah demonstrasi atas meningkatnya pengaruh dan kekuatan konsumen beragama Islam yang mau tidak mau harus dipertimbangkan oleh siapapun juga, termasuk oleh kapitalisme. Generasi M berkata:

Abd Muid N

Abd Muid N

Dosen Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta
Tags: Abdul Muid N MCU
Baca Juga:
Komentar