Catatan Antikorupsi 2018

Dana Desa jadi Kasus Korupsi Tertinggi di Sulsel, Ada 22 Perkara

Selasa, 8 Januari 2019 02:58
Dana Desa jadi Kasus Korupsi Tertinggi di Sulsel, Ada 22 Perkara
ACC Sulawesi

Launching Catatan Antikorupsi di kantor Anticorruption Committee (ACC) Sulawesi, Jl AP Pettarani, Makassar, Senin (7/1/2019).

Alagraph.com, Makaassar- Badan Pekerja Anticorruption Committee (ACC) Sulawesi mengungkap fakta mengejutkan tentang penyelewengan Dana Desa di Sulawesi Selatan selama 2018.

Penyelewengan Dana Desa menjadi kasus korupsi tertinggi dengan 22 perkara dari 70 kasus yang masuk ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana  Korupsi (PN Tipikor).

"Di antara perkara kasus korupsi yang terlacak ACC, ktor korupsi paling banyak tetap PNS," kata Wakil Ketua ACC Abdul Kadir dalam konferensi pers di kantor ACC Sulawesi, Jl AP Pettarani, Makassar, Senin (7/1/2019).

Baca juga: ACC Launching Catatan Antikorupsi 2018: PNS Aktor Korupsi Terbanyak

Diketahui, Dana Desa Di Sulsel tahun 2018 mencapai Rp 1,98 Triliun dengan sasaran program kerja di antaranya pengentasan kemiskinan, pengembangan sektor ekonomi kerakyatan, peningkatan sarana dan lain-lain.

Dalam catatan tahunan ACC 2018 juga terungkap, tingginya kasus korupsi dalam penggunaan Dana Desa seharusnya juga menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi Sulsel sebagai pendistribusi Dana Desa.

"Sangat disayangkan jika pembangunan yang seharusnya dimulai dari desa justru para oknum kepala desa menanam dan memupuk pohon korupsi di desanya, hal ini sangatlah memperihatinkan," kata Kadir.

Dengan kondisi tersebut ACC mengharapkan agar  Gubernur Sulsel segera merespon persoalan tersebut, "sebab jika tak dilakukan pengawasan yang ketat, kasus serupa semakin meningkat di Tahun 2019."

Mengenai catatan kasus korupsi temuan ACC Sulawesi berikutnya, simak update berita alagraph.com dengan topik: Catatan Antikorupsi 2018.  (Alagraph)

Editor: Ramdha Mawaddha
Sumber: Alagraph

Tags: Anticorruption Committee (ACC) Sulawesi Dana Desa korupsi
Baca Juga:
Komentar