Home ยป Sains

Ekspedisi Ilmuwan Berupaya Ungkap Misteri di Laut Antartika

Rabu, 14 Februari 2018 03:25
Ekspedisi Ilmuwan Berupaya Ungkap Misteri di Laut Antartika
( MARIO TAMA/GETTY IMAGES )

Robohnya gunung es seluas 2.240 mil persegi membuka jalan bagi para ilmuwan untuk menjelajahi ekosistem yang tersembunyi di balik rak es selama 120.000 tahun

Alagraph.com - Para ilmuwan dari British Antarctic Survey pada pekan depan memulai sebuah ekspedisi di Antartika untuk menjelajahi ekosistem laut yang dulu tak dapat diakses.


Dikutip dari NewsWeek, area itu terdapat di lapisan es Larsen C, di mana gunung es seukuran Delaware -kota di Amerika Serikat- roboh pada tahun lalu. 


Robohnya gunung es seluas 2.240 mil persegi membuka jalan bagi para ilmuwan untuk menjelajahi ekosistem yang tersembunyi di balik rak es selama 120.000 tahun, menurut para periset.


"Kalba A-68 memberi kita kesempatan unik untuk mempelajari kehidupan laut karena merespons perubahan lingkungan yang dramatis," Katrin Linse, ahli biologi kelautan untuk survei yang memimpin misi tiga minggu tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan.


"Sangat penting kita sampai di sana dengan cepat sebelum lingkungan bawah laut berubah saat sinar matahari memasuki air dan spesies baru mulai berkoloni."


Mempelajari samudera di bawah rak es berisiko dan mahal. Ekspedisi baru-baru ini meluncurkan pesawat tak berawak untuk menavigasi kedalaman es yang luas.


Sumber: Newsweek

Tags: Antartika Ekosistem Laut Gunung Es
Baca Juga:
Komentar