Home ยป Sains

Fisikawan Stephen Hawking Tutup Usia

Rabu, 14 Maret 2018 19:46
Fisikawan Stephen Hawking Tutup Usia
( The Guardian )

Stephen Hawking

Alagraph.com, Ahli fisika Stephen Hawking  tutup usia hari ini di Cambridge, Rabu (14/3/2018) pada usia 76 tahun.

Dikutip dari The Guardian, kabar duka ini dirilis eluarga dekat lewat sebuah pernyataan yang mengkonfirmasi kematian Hawking di rumahnya.

Anak-anak Hawking, Lucy, Robert dan Tim menulis dalam sebuah pernyataan menhungkapkan kesedihannya karena sang ayah tercinta telah meninggal dunia.

"Dia adalah ilmuwan hebat dan pria luar biasa yang pekerjaan dan warisannya akan dijalaninya selama bertahun-tahun. Keberanian dan ketekunannya dengan kecemerlangan dan humornya mengilhami orang-orang di seluruh dunia."

"Dia pernah berkata: 'Tidak akan banyak alam semesta jika tidak ada tempat bagi orang-orang yang Anda cintai.' Kami akan merindukannya selamanya."

Pada usia 21 tahun, Hawking telah didiagnosis menderita penyakit motor neuron pada tahun 1963.

Dokter mengatakan usianya hanya dua tahun lagi. Tapi Hawking berhasil melawan penyakitnya dan bertahan lebih dari setengah abad.

Buku otobiografi Stephen Hawking

Hawking pernah memperkirakan bahwa dia hanya bekerja 1.000 jam selama tiga tahun sarjana di Oxford.

"Anda seharusnya brilian tanpa usaha, atau menerima keterbatasan Anda," tulisnya dalam otobiografinya pada tahun 2013, My Brief History.

Dikutip dari Wikipedia, Hawking adalah seorang ahli fisika teoretis. Ia seorang profesor Lucasian dalam bidang matematika di Universitas Cambridge.

Ia dikenal akan sumbangannya di bidang fisika kuantum, terutama karena teori-teorinya mengenai teori kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking.

Salah satu tulisannya adalah A Brief History of Time, yang tercantum dalam daftar bestseller di Sunday Times London selama 237 minggu berturut-turut.

Tercatat 15 penghargaan bergengsi telah disabet Hawking dalam bidang keilmuan. Diantaranya Albert Einstein Medal dan Wolf Prize. (The Guardian/Wikipedia)

Editor: Ramdha Mawaddha

Komentar