AG-user

AG-User

Hujan, Kenangan dan Daya Tahan

Kamis, 8 November 2018 17:43
Hujan, Kenangan dan Daya Tahan
AG-User (Abdul Rasyid Tunny)

Pelayanan kesehatan di posko pengungsian Nahdatul Ulama (NU) Peduli Sulteng.

Alagraph.com- Musim hujan bukan hanya kesempatan bagi kita untuk mengingat kenangan saat meratapi genangan. Musim hujan juga sebuah kesempatan bagi mikroorganisme untuk menyerang tubuh kita.

Tentunya semua pada bertanya, kenapa? Jawabannya sederhana. Musim hujan bukan hanya rindu akan kenangan yang berkembang biak, melainkan jenis mikroba juga lebih mudah berkembang biak dan mudah masuk ke tubuh kita.

Daya tahan tubuh yang tak prima akan semakin membuat bakteri dan virus berkembang hingga menyebabkan penyakit.

Solusi untuk mengahadapi musim hujan juga sederhana loh. Sama halnya menghadapi gempuran rindu dan kenangan kita. Yah, mesti menjaga pola makan, sebab rindu itu berat kata Dilan.

Asupan gizi merupakan aspek penting bagi daya tahan tubuh. Bila kurang nutrisi, daya tahan tubuh menurun. Sehingga kuman penyakit lebih mudah masuk dan berkembang.

Agar memenuhi zat gizi yang cukup, maka kita perlu memerhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi karbohidrat, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Frekuensi makan per hari harus tetap diperhatikan mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam.

Kita sering lupa bahwa yang harus diprioritaskan adalah sarapan. Makan dan minum dari bangun hingga jam sembilan pagi untuk memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi harian. Sekadar saran agar kita terbiasa mengonsumsi probiotik agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare.

Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain. Beberapa contoh pada makanan suplemen diet yang mengandung bakteri berguna dengan asam laktat bakteri (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikroba yang paling umum dipakai.

Contohnya probiotik yogurt, tahu, tempe, dan acar.

Sering juga kita sepelekan yaitu olahraga. Padahal, olahraga merupakan cara sederhana dan mudah tapi besar manfaatnya. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih.

Olahraga tidak harus dilakukan di luar ruangan, tapi juga dalam ruangan. Sehingga meski hujan, tetap bisa berolahraga.

Selanjutnya, yaitu menjaga kualitas tidur. Tidur merupakan waktu reses tubuh untuk pemulihan seluruh sistem anggota badan. Kualitas tidur itu sangat penting dalam menjaga kesehatan.

Terakhir, yang perlu diperhatikan adalah vitamin yang cukup. Meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, namun salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C.

Mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C, sistem daya tahan tubuh Anda dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit.

Jika kendala Anda ada pada vitamin U (Uang), solusinya adalah bekerja keras, berdoa, dan perbanyak meminta ampun kepada Tuhan. Sejuta kali mengganti presiden pun jika Anda malas maka tak ada gunanya.

Hujan yang turun terus menerus hampir sepanjang hari dapat membuat genangan di jalanan ibu kota dan melahirkan berbagai bibit kenangan.

Tapi semua itu tak bisa kita nikmati jika titik persoalannya ada pada daya tahan.

Abdul Rasyid Tunny

Abdul Rasyid Tunny

Akademisi dan Pecinta Perbedaan
Komentar