AG-user

Imam Besar Al-Markaz Sebut Abrad Bisa Jadi Center of DDI

Jumat, 26 Juni 2020 18:46
Imam Besar Al-Markaz Sebut Abrad Bisa Jadi Center of DDI
AG-User (ABRAD)

Pengurus Abrad dan Dr Muammar Bakry (tengah, baju lengan pendek merah marun) pose seusai pertemuan di SDIT Maarif Makassar, Rabu (24/06/2020). Dari kiri; Rizkayadi, Azwar Kamaruddin, Adlan, Muammar Bakry, Jayadi Amir, Rahman Zain, Taufiq Eka Putra.

Pengurus DDI Abrad kembali melanjutkan safari silaturahmi menemui tokoh-tokoh Darud Da'wah wal-Irsyad (DDI) di kota Makassar, pekan ini. Pengurus Abrad menemui Gurutta Muammar Bakry.

Muammar menerima kami di SDIT Maarif, Jl Darul Maarif, Rappokalling, Makassar, Rabu (24/6/2020)

Baca juga: Ketua IADI Ingatkan Sikap Wasathiyyah versi DDI

Baca juga: Gurutta Faried Wadjedy: Hanya Niat Suci yang Bisa Bertahan

Baca juga: AGH Sanusi Baco Sebut Niat Pendiri Ponpes DDI Abrad Bagus

Muammar, imam besar al-Markaz al-Islami Jend Jusuf Makassar, mula-mula menyinggung sedikit hal tentang DDI.

Menurutnya, "DDI adalah yang organisasi paling akomodatif dalam hal kebangsaan dan kenegaraan dan sangat konsisten dalam hal ideologi keislaman, tentu yang dibangun oleh Gurutta (Ambo Dalle) adalah ideologi keislaman yang wasathiyyah."

Muammar, putra Gurutta Bakri Kadir, menghargai upaya Abrad untuk menghidupkan kembali karya-karya Gurutta Ambo Dalle.

"Saya sangat mengapresiasi rencana ini, karena sebenarnya maksud dan tujuan Gurutta Ambo Dalle mendirikan DDI ada di dalam kitab-kitab ini," katanya seraya menunjuk kitab-kitab AGH Ambo Dalle yang dibawakan pengurus Abrad.

Menurutnya, jangan sampai suatu saat Gurutta Ambo Dalle hanya tinggal gambar saja, tidak ada yang paham apa maksud dan tujuan Gurutta Ambo Dalle mendirikan DDI.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar kemudian menilai langkah Abrad patut, "Yang semacam inilah kerja-kerja santri sebenarnya, Abrad bisa jadi Center of DDI jika bisa menghidupkan kembali karya-karya Gurutta (Ambo Dalle)."

Pengurus Abrad kembali akan melanjutkan silaturahmi dengan beberapa tokoh DDI lainnya sambil mencari kitab-kitab Gurutta Ambo Dalle yang diyakini masih banyak. (*)
ABRAD

ABRAD

Pondok Pesantren
Tags: DDI Mangkoso Ponpes DDI Abrad
Baca Juga:
Komentar