Home ยป Sains

Inovasi Mahasiswa UI, Robot Bawah Laut Identifikasi Korban Kapal Tenggelam

Minggu, 26 Mei 2019 19:20
Inovasi Mahasiswa UI, Robot Bawah Laut Identifikasi Korban Kapal Tenggelam
ui.ac.id

Robot Makara 08 Mark II ciptakaan mahasiswa Universitas Indonesia (UI).

Alagraph.com- Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Autonomous Marine Vehicle Team (AMV) menciptakan robot bawah laut yang mampu mengidentifikasi korban kapal tenggelam.

Selain dapat mengidentifikasi korban kapal, inovasi yang dinamai Robot Makara 08 Mark II ini juga dapat melakukan pencarian puing-puing properti yang tenggelam, memudahkan proses pekerjaan inspeksi lambung kapal, dan pekerjaan lainnya yang sulit dan riskan jika dilakukan oleh manusia.

Robot tersebut mampu menyelam dengan kedalam 5 meter dan mampu bertahan selama 30 menit di bawah laut.

Robot Makara 08 Mark II dapat ditugaskan untuk inspeksi kondisi bawah air atau laut dan dapat menggambarkan kondisi di dalamnya.

Dilansir dari laman ui.ac.id, Robot Makara 08 Mark II diikutkan pada ajang kompetisi The 3rd ASEAN MATE Underwater Robot Competition. 

Ajang tersebut berlangsung pada 4 sampai 5 Mei 2019 di Surabaya.

Robot Makara 08 Mark II yang merupakan inovasi Tim AMV UI meraih juara 1 tingkat ASEAN.

Dengan kemenangan ini, tim AMV UI langsung mewakili Indonesia serta tingkat Regional ASEAN untuk berkompetisi pada ajang International MATE ROV Competition yang di Kingsport Tennessee, Amerika Serikat, Juni mendatang.

Dalam turnamen ini, Robot Makara 08 Mark II berhasil menuntaskan misi inspeksi waduk dan reparasi, riset saluran air bersih, serta mendeteksi miniatur meriam prasejarah dan mengukur diameter, volume, dan beratnya meriam tersebut sebelum dinaikkan ke permukaan air.

Baca juga: Kini Ada Printer 3D Buatan Dosen UGM

Baca juga: Mahasiswa KKN UNM Asah Skill Bahasa Inggris Siswa SMKN 2 Pangkep

Keunggulan dari Robot Makara 08 Mark II  karya mahasiswa UI ini di antaranya, memiliki kemampuan image processing secara otomatis sehingga memudahkan pilot untuk mengidentifikasi biota bawah laut.

Selain itu image processing juga memudahkan menemukan sebuah retakan pada jalur pipa dan mengukur secara otomatis retakan tersebut. Robot ini juga memiliki sensor suhu dan ph serta memiliki posisi truster yang memudahkan pilot dalam memiringkan posisi ROV sehingga dapat mengubah orientasi kamera secara cepat.

Ketua AMV UI, Alif Hikmah Fikri yang merupakan MahasiswaTeknik Perkapalan 2016 menceritakan pengalamannya saat kompetisi.

Editor: Sriwidiah Rosalina Bst

Tags: Universitas Indonesia Mahasiswa UI Robot Bawah Laut
Baca Juga:
Komentar