Keindahan Liang Kareta, Pulau Tersembunyi di Selayar

Senin, 1 Juli 2019 12:14
Keindahan Liang Kareta, Pulau Tersembunyi di Selayar
Herman Kambuna/Alagraph

Pulau Liang Kereta di Kapupaten Selayar, Sulsel.

Alagraph.com, Selayar- Berbicara soal keindahan pantai dan pulau-pulau kecil yang ada di Indonesia memang tak ada habisnya. Menjelejahi wisata bahari di pulau merupakan salah satu perjalanan yang didambakan bagi yang suka pemandangan alam laut.

Selain indah, pantai juga menjadi tempat untuk menenangkan diri sambil menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi.

Kabupaten Kepulauan Selayar, salah satunya, kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak pulau-pulau kecil. Salah satu pulaunya bernama Pulau Liang Kereta yang terletak di Di Desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pulau ini sangat indah dengan bentang pemandangan alamnya yang begitu asri. Air lautnya yang membiru jernih dan pasir putih lembut, membuat orang berdecak kagum. 

Menuju ke pulau Liang Kareta ini menggunakan perahu motor dari Dermaga Baru yang ada di Kab Selayar, Sulawesi Selatan.

Pemuda setempat Faqih Nekara mengatakan untuk akses ke tempat tersebut, bisa menggunakan Perahu Katingting, Kapal Bagang, atau-pun Jolloro kecil.

"Pengunjung berangkat dari pelabuhan benteng atau juga bisa dari pelabuhan Padang, jarak dari kota benteng ke tempat wisata ini kurang lebih 5 kilo," kata Faqih baru-baru ini.

Faqih mengaku berangkat bersama teman-teman yang berasal dari Makassar ke Liang Kereta dalam rangka mengisi liburan. Faqih yang memang asli pemuda Selayar tahu betul perjalanan menuju ke Pulau ini

"Untuk dapat menikmati secara maksimal tempat wisata ini dapat dikunjungi ketika musim angin timur sekitar bulan 3 sampai bulan 9," kata Faqih

Menrut Faqih, pulau ini termasuk pulau yang jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Ketika musim liburan tiba, biasanya ada wisatawan yang berkelompok datang mengunjungi pulau ini.

Sebab masih jarang orang luar mengetahui keberadaan pulau indah ini. Orang-orang dari luar kabupaten kepulauan Selayar cuma hanya mengetahui keberadaan pulau Takabonerate saja.

Perjalanan ke pulau ini memakan waktu kurang lebih sekira satu jam-an. Menggunakan perahu kecil. Sepanjang perjalanan ke pulau ini, melewati beberapa pulau kecil yang merupakan sebuah pulau perkampungan Nelayan. 

Ketika melintasi perkampungan nelayan tersebut. Dari jauh pengunjung bisa melihat rumah-rumah kecil bersusun rapi hingga ke atas bukit. Juga terlihat beberapa parahu nelayan yang sedang di parkir di tepi bibir pantainya.

Bukit-bukitnya ditumbuhi pohon kelapa dan menambah hijaunya keindahan alam pulau tersebut. 

Selain itu, terlihat keramba para nelayan dengan jaring-jaringnya di sepanjang perairan dangkal tepi pantai.

Tiba di pulau Liang Kereta. Di tepi bibir pantai anda bisa bersantai bersama keluarga maupun sahabat anda sembari bermain-bermain dipasir putihnya yang kemilau. 

Tempat beristirahat bisa di bawah tebing yang rindang untuk berlindung dari terik panas matahari. 

Selain itu ada jalan setapak menuju bukit-bukit yang ditumbuhi pohon pinus dengan melewati jalan setapak di sela-sela tebing. Untuk sekedar jalan-jalan memandangi keindahan pulau tersebut dari atas bukit.

Anda juga bisa mengambil gambar pemandangan dengan berfoto dari atas bukit tersebut. 

Pemandangan dengan latar laut yang biru serta pasir putihnya. Sungguh pulau ini sangat bersih namun tidak adan sumber air tawar yang memadai untuk membilas badan usai berenang ataupun menyelam.

Semoga liburan anda kali ini juga bisa mengunjungi pulau Leang Kareta dengan keluarga maupun sahabat Anda. 

Sangat disarankan juga bagi pecinta Diving yang ingin menjalejahi dasar lautnya. 

Bagi yang ingin sekedar snorkeling di pulau ini juga sangat cocok. Semoga liburan anda dapat tercapai dengan mengunjungi pulau ini. (Herman Kambuna/Alagraph)

Penulis: Herman Kambuna
Editor: Sriwidiah Rosalina Bst
Sumber: Alagraph

Tags: Pulau Liang Kereta Kabupaten Sinjai Sulsel
Komentar