Home ยป Sulsel

Ketua NU Sulsel Sampaikan Hikmah Halalbihalal

Selasa, 11 Juni 2019 18:38
Ketua NU Sulsel Sampaikan Hikmah Halalbihalal
Ist

Ketua NU Sulsel agh. Dr. K. H. Hamzah Harun Al Rasyid menyampaikan hikmah halalbihalal di Kantor Balitbang Makassar, Senin (10/6/2019).

Alagraph.com, Makassar- Keluarga Balitbang Makassar menggelar halalbihalal, Senin kemarin.

Dalam halalbihalal yang digelar di lantai 3 Kantor Balitbang Makassar, Ketua NU Sulsel agh. Dr. K. H. Hamzah Harun Al Rasyid menghadiri acara tersebut.

Ia menyampaikan hikmah halalbihalal dan manfaat utama yg terkandung dalam acara halalbihahal.

Sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Alagraph, berikut penyampaiannya:

Pertama, kesadaran yang mendalam bahwa kita sedang berada dalam momentum Lebaran Idulfitri yang berarti kita dalam proses pengembalian jiwa kita ke dalam situasi yang suci, sebagaimana ketika kita pertama kali dilahirkan dari kandungan ibu.

kedua, kita dalam posisi sebagai makhluk sosio religius, memiliki dua tanggung jawab ganda. Yakni tanggung jawab vertikal (kepada Tuhan) dan tanggung jawab horisontal (kepada sesama manusia).

Substansi kedua tanggung jawab inilah yang tergambar dalam pelaksanaan salat lima waktu yang menjadi kewajiban muthlak bagi kita. 

Dalam pelaksanaan salat, diawali dengan takbir sebagai simbol hubungan vertikal dan diakhiri dengan salam sebagai simbol hubungan horisontal.

Salam sebagai penutup salat  yang kita lakukan diawali dengan salam ke kanan baru ke kiri.

Artinya kewajiban untuk menebar kedamaian, keselamatan, dan ketenteraman mesti diorientasikan lebih awal dulu kepada internal kita baru kemudian kepada eksternal kita.

Internal maksudnya adalah, sesama muslim, mukmin, keluarga, bahkan diri kita sendiri.

Editor: Sriwidiah Rosalina Bst
Sumber: Alagraph

Tags: Halalbihalal NU Sulsel
Komentar