Mahasiswa Unifa Ajak Warga Borong Makassar Berwirausaha Zaman Now

Kamis, 7 Maret 2019 14:04
Mahasiswa Unifa Ajak Warga Borong Makassar Berwirausaha Zaman Now
Hardianti Jamal/Alagraph

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Entrepreneurship angkatan XI Unifersitas Fajar (Unifa) selenggarakan workshop kewirausahaan di Warkop Rumah Independen Jalan Toddopuli VII Makassar, Kamis (7/3/2019).

Alagraph.com, Makassar- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Entrepreneurship angkatan XI Universitas Fajar (Unifa) selenggarakan workshop kewirausahaan di Warkop Rumah Independen Jalan Toddopuli VII Makassar, Kamis (7/3/2019). 

Puluhan peserta hadir dalam kegiatan tersebut dari kalangan mahasiswa dan warga Keluarahan Borong, Kecamatan Manggala, Sulsel sebagai pelaku usaha.

Workshop bertajuk "Strategi Membuat Usaha dan Pemasaran Produk" yang menghadirkan Aida Gunawan selaku pemateri. 

Dalam workshop tersebut Aida berbagi materi tentang bagaimana pelaku usaha dalam memasarkan produk di media sosial. Menggunakan telepon genggam sebagai mesin pencetak uang. 

Kegiatan inovatif ini, sekaligus mengajak warga bagaimana manajemen dan pengembangan bisnis dari berbagai jenis usaha, misalnya kuliner, kerajinan tangan dan olshop. Memasarkan produknya lewat tokopedia, shopee, istagram, grab, gojek dan facebook. Diajarkan juga memasarkan produk di WhatsApp.

Baca juga: Unhas-Ehime University Jepang Kerja Sama Peningkatan SDM

Selaku dosen ilmu komunikasi Universitas Fajar, Aida Gunawan mengatakan, zaman sekarang semua menggunakan telepon genggam. Hari ini, siapa yang tidak mau uang.

Melihat di Kelurahan Borong banyak pusat perdagangan dan pasar yang ramai. Pedagang sudah mulai bergeser dengan keberadaan alfamart dan indomaret.

"Bagaimana kita memulai usaha, mendatangkan dan mencari pembeli. Pebisnis dan pedagang juga harus tahu bisa bicara didepan umum untuk menjual barangnya. Mencoba mengadopsi hal yang dilakukan oleh indomaret.  Menyediakan penyeduh kopi, dispenser, air panas. Sehingga semua bisa langsung menyeduh kopi dan indomie," ujarnya.

Baca juga: Kelapa Bakar, Kuliner Unik di Makassar

Sekarang orang bisa menjual dimana-mana. Ketika waktu merubah cara berpikir juga harus berubah. cepat beradptasi dalam mengikuti zaman.

Aida juga menjelaskan bagaimana penjualan melalui reseller.

"Jangan menjual langsung ke orang, yang paling penting orang bisa kenal dulu produk yang akan dipasarkan," tambahnya. (Hardianti Jamal/Alagraph)

Penulis: Hardianti Jamal
Editor: Sriwidiah Rosalina Bst
Sumber: Alagraph

Tags: Universitas Fajar Kewirausahaan
Komentar