AG-user

MDz As Sakinah Adakan Muhasabah

Minggu, 6 September 2020 09:07
MDz As Sakinah Adakan Muhasabah
AG-User (Salewangang Ilmu Maros)

Majelis Dzikir As Sakinah Maros mengadakan muhasabah 1442 H di aula Masjid Al Markaz Al Islami Maros.

Ratusan jamaah yang tergabung dalam anggota Majelis Dzikir As Sakinah Maros atau MDz As Sakinah mengikuti muhasabah bulan Muharram 1442 H di Aula Masjid Al Markaz Al Islami Maros, Kabupaten Maros, Sabtu 05 Sept 2020

Acara muhasabah yg ditandai tausiyah , zikir dan do'a  ini dipimpin Ketua MDz As Sakinah Kab. Maros Arniati,  S. Pd,  dimulai pukul 13.30 wita 

Kegiatan yang bertema Dengan Muhasabah Allah Menuntun Setiap Langkah Menuju RidoNya,  diawali pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan Zikir Asmaul Husna,  dilanjutkan  tausiyah oleh Ketua MUI Maros,  Drs. KH Syamsul Khalik

Ketua MDz As Sakinah Kab. Maros,  Arniati,  S. Pd, dalam sambutannya menyampaikan,  sebagai seorang Muslim dan hamba Allah harus melakukan muhasabah dari tahun-tahun yang sudah dilewati. Sehingga di tahun mendatang bisa direncanakan apa yang akan diperbuat dengan baik. 

Ketua yang mewadahi ribuan anggota MDz di Kab. Maros itu,  mengingatkan pentingnya melakukan muhasabah di momen bulan Muharram ini.

Menurutnya, muhasabah sangat penting karena manusia cenderung lalai dalam mengevaluasi diri.

Karena itu tujuan pelaksanaan muhasabah adalah evaluasi diri sebagai hamba Allah. Dan seorang Muslim apakah sudah melakukan sesuai yang dianjurkan Rasulullah SAW dan disyariatkan Islam," 

Ia menegaskan jika manusia tidak melakukan muhasabah akan lupa bahwa Allah yang menciptakannya. 

Sementara menurut Ketua MUI Maros, Drs. KH. Syamsul Khalik dalam taushiahnya memyampaikan, bahwa yang harus dievaluasi pada diri setiap Muslim di setiap momen adalah iman dan prilaku.

Saat ini menurutnya masih terlalu marak perbuatan yang menyalahi akidah.

Ia juga menghimbau kepada jamaah agar berhati hati menggunakan istilah PIMMALI.

Mantan  Kakan kemenag Maros ini,  menurutnya lebih cenderung menggunakan istilah TAFA'UL,  Kiyai lalu menyebutnya dalam istilah bugis Sennung-Sennungeng.

Usai memberi Taushiah,  KH Syamsul Khalik pimpin Doa Asyura.


Salewangang Ilmu Maros

Salewangang Ilmu Maros

Pabaca Barzanjia
Tags: Majelis Dzikir As Sakinah Maros Masjid Al Markaz Al Islami Maros MDz As Sakinah KH Syamsul Khalik
Komentar