AG-user

Menaati Suami

Selasa, 23 Juni 2020 11:01
Menaati Suami
AG-User (Andi Taufiq Eka Putra)

Ustad Dr. H. Aydi Syam, Pembina Pondok Pesantren DDI Mangkoso

Oleh:

Ustadz Dr H Aydi Syam, pembina Pondok Pesantren DDI Mangkoso

Bismillah ...,

قال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِغَيْرِ اللَّهِ ، لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا ( رواه ابن ماجة:1853)

Artinya:

Rasulullah Saw. telah bersabda, "sekiranya aku perintahkan seseorang untuk bersujud kepada selain Allah, maka pasti aku perintahkan istri bersujud kepada suaminya." (H.R. Ibnu Majah: 1853)

Penjelasan:

     1) Hadis tersebut sahih menurut Imam al-Albaniy.

     2) Tidak akan mungkin seorang hamba dibolehkan bersujud kepada selain Allah kecuali Iblis kepada Adam a.s.

     3) Pengandaian dalam hadis tersebut berarti bahwa betapa berharganya suami di hadapan istrinya, betapa wajibnya istri untuk menaati suaminya dan memenuhi hak-hak suaminya.

     4) Suami yang telah berakad nikah berarti dia sudah mengambil alih amanah dan tanggung jawab seorang wali kepada anaknya yang telah diperistrikan.

     5) Amanah dan tanggung jawab yang dimaksud, minimal pada 3 hal pokok berikut:

a) mendidiknya agama,

b) menjamin keamanannya, &

c) menanggung nafkahnya lahir batin.

     6) Dalam hal terjadi perselisihan antara kehendak orangtua dengan kehendak suami, maka istri lebih wajib menaati kehendak suami selagi tidak bertentangan dengan kehendak Allah dan Rasul-Nya.

     7) Istri yang mengabaikan kehendak orang tua karena menaati kehendak suami, maka wajib untuk meminta maaf dan meminta restu orang tua.

     8) Andai orang tua tidak restu dan tidak memberi maaf, maka sang istri wajib segerah kembali kepada Allah meminta ampun kepada-Nya atas keterbatasannya untuk memenuhi 2 kehendak yang bertentangan.    

     9) Selanjutnya, istri tersebut tidak boleh putus asa, wajib mendo'akan orang tuanya supaya hatinya terbuka, dan terus meminta maaf/restu orang tua pada kesempatan berikutnya sampai orang tua memberi maaf dan restu kepadanya. 

و الله تعالى أعلم بالصواب

Pesan Moral:

     Jadilah istri yang taat pada Allah & Rasul-Nya serta taat pada suami dan orang tua! Insya Allah, ridha Allah dan Rasul-Nya serta ridha suami dan orang tua kelak didapatkan. Kalau ketaatan itu sempurna dipenuhi, maka keselamatan, keberkahan, ketenangan lahir batin akan terwujud dalam hidup ini. آمين

و الله المستعان و عليه التكلان

SALAM SILATURRAHIM

     -------

Andi Taufiq Eka Putra

Andi Taufiq Eka Putra

Wiraswasta bidang konstruksi
Tags: Islam Pernikahan Dr H Aydi Syam DDI Mangkoso
Baca Juga:
Komentar