Menu Buka Puasa Cincau, Ini 7 Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, 10 Mei 2019 08:31
Menu Buka Puasa Cincau, Ini 7 Manfaat bagi Kesehatan Tubuh
Ist

Ilustrasi cincau

Alagraph.com- Ada banyak pilihan takjil untuk menu buka puasa di bulan Ramadan. Tidak terkecuali takjil dari cincau. 

Takjil yang serupa dengan agar-agar ini diperoleh dari perendaman daun dari tumbuhan tertentu dalam air.

Takjil cincau yang dicampur dengan bahan lain seperti buah, sirup, susu, dan ditambah es batu dapat menjadi penyegar saat berbuka puasa.

Bukan hanya dapat memberikan kesegaran, nyatanya cincau sebagai takjil buka puasa juga punya manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Sebagaimana dilansir dari fimela.com, ini 7 manfaat cincau bagi kesehatan tubuh:

1. Melancarkan pencernaan

Makan cincau ternyata bisa melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang baik bisa membantu mengeluarkan sampah dan racun di dalam sistem pencernaan.Jika punya masalah sembelit, bisa nih makan cincau untuk melancarkan pencernaan.

Kandungan vitamin B dan C dalam cincau juga mampu mencegah diare atau meredakan gejalanya.

2. Menjaga berat badan

Cincau tidak memiliki kalori karena dibuat alami dari daun cau dan tidak memiliki rasa alias hambar. Ada pun rasa adalah sedikit pahit.

3. Menetralkan asam lambung dan menurunkan suhu tubuh

Makan cincau paling baik saat perut kosong karena membuat tubuh terasa lebih dingin karena memiliki kandungan tentradine, alkaloid, falavonoid dan saponin yang efeknya memang memberi kenyamanan pada pencernaan setelah seharian puasa dan menumbuk asam lambung tinggi di perut.

Baca juga: Mudik Bareng BUMN Siap Angkut 250 Ribu Pemudik

Baca juga: Lomba Foto Mudik Bareng Jasa Raharja Berhadiah Smartphone

4. Menjaga tekanan darah dan kolesterol

Karena rendah kalori, cincau juga sangat baik menjaga tekanan darah dan kolesterol sehingga bisa menyeimbangkan kolesterol dari makanan lain yang dikonsumsi saat buka puasa seperti gorengan dan makanan bersantan.

5. Menurunkan berat badan

Karena seratnya yang tinggi dan rendah kalori, cincau bisa menjaga berat badan selama menjalani puasa dan menjaga agar kita tidak makan berlebih saat buka puasa. Cincau membuat perut kenyang lebih lama sehingga menahan diri tidak makan terlalu banyak.

6. Mencegah diabetes

Cincau memiliki kandungan klorofil dan bisbenzilsokuinolin yang mampu menyerap gula dan menjaga kadar insulin tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes dan bisa mencegah diabetes.

7. Mencegah kanker

Cincau ternyata juga bersifat anti karsinogenik, mengandung antioksidan tinggi seperti S-S tetandrin dan isokandrodendrin yang membantu menjaga sel-sel sehat organ tubuh, terutama hati, perut dan ginjal. (*)

Editor: Sriwidiah Rosalina Bst

Tags: Cincau kesehatan Buka puasa Ramadan 1440 H
Komentar