Mina Padi Indonesia Dicontoh Negara di Asia Pasifik

Kamis, 14 Maret 2019 07:09
Mina Padi Indonesia Dicontoh Negara di Asia Pasifik
Ist

Ilustrasi sistem Mina Padi.

Alagraph.com- Budidaya ikan dan padi sekaligus atau Mina Padi telah dikembangan di Indonesia sejak 2015.

Sistem Mina Padi memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi juga dimanfaatkan sebagai kolam untuk budidaya ikan. 

Efisiensi lahan dalam sistem Mina Padi sudah mulai dicontoh negara-negara di Asia Pasifik seperti Bangladesh, Kamboja, Laos, Myanmar, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, Filipina, Timor Leste, dan Vietnam.

Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, terbukti bisa memberikan keuntungan bagi para pembudidaya ikan sekaligus petani padi.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp7,5 Miliar untuk Mina Padi

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), Indonesia merupakan negara percobaan Mina Padi tersukses di Asia Pasifik.

Sejak 2016, Indonesia sudah mendapatkan dukungan penuh dari FAO. Lokasi yang menjadi percontohan ada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Serta 50 Kota Kabupaten di Sumatera Barat, masing-masing daerah tersebut dibuka lahan seluas 25 hektare untuk sistem Mina Padi.

Yogyakarta merupakan pertama di dunia yang telah menerapkan metode minapadi. 

Ada tiga indikator utama yang digunakan sebagai tolak ukur percobaan Mina Padi di Indonesia.

Pertama, padi secara kuantitas dan kualitas mengalami peningkatan, benih ikan bisa menjadi hasil tambahan bagi para petani. 

Kedua, secara kelembagaan Indonesia dinyatakan berhasil menyatukan berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga masyarakat petani, sehingga minapadi dapat berjalan.

Ketiga, keberhasilan panen yang didapat membuat masyarakat petani yang sudah melakukan minapadi, sehingga bertekad terus melakukannya dan memperluas area persawahan.

Baca juga: Kementerian Kelautan Perikanan Pulangkan 6 Nelayan yang Ditangkap di Malaysia

Makanan ikan dapat dibuat secara mandiri dari bahan lokal yang tersedia di Indonesia. Sehingga dapat menekan biaya pemeliharaan ikan yang ada di lahan minapadi. 

Dilansir dari mongabay.co.id, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto mengatakan, sejak Indonesia ditetapkan oleh badan pangan dunia PBB (FAO) sebagai rujukan model pengembangan minapadi untuk Asia Pasifik, dunia internasional mulai mengamati metode tersebut.

“Indonesia dinilai berhasil dalam pengembangan minapadi. Oleh Pemerintah, program tersebut menjadi program prioritas untuk mendukung ketahanan pangan,” ucapnya.

Menurut Slamet, Indonesia melalui minapadi, akan menjadi solusi untuk dunia dalam pemenuhan kebutuhan pangan. 

Melalui sistem penggabungan perikanan budidaya dan pertanian itu, dunia bisa menopang ketahanan pangan di tengah penurunan kualitas dan perubahan iklim secara global. 

Tapi ternyata sangat cocok diterapkan di 193 negara yang ada di dunia. Minapadi juga ikut mendukung kegiatan gender karena keterlibatan wanita dalam kegiatannya. Menghasilkan padi organik karena proses produksi tidak menggunakan bahan pestisida ataupun pupuk. (*)

Penulis: Hardianti Jamal
Editor: Sriwidiah Rosalina Bst

Tags: Mina Padi Asia Pasifik
Komentar