Mitigasi Bencana dengan Cemara Laut, Ketahui Manfaatnya

Sabtu, 30 Maret 2019 12:14
Mitigasi Bencana dengan Cemara Laut, Ketahui Manfaatnya
Ist

Ilustrasi cemara luat

Alagraph.com, Makassar - Pohon cemara laut merupakan salah satu jenis cemara dari golongan Casuarina. Tumbuhan ini juga memiliki sebutan lain yaitu Australian Pine dan Beach She-oak.

Dikutip Alagraph dari akun Instagram bnpb_indonesia, cemara laut memiliki banyak manfaat sehingga disebut mitigasi bencana.

Manfaatnya yaitu, meningkatkan agregasi perkembangan struktur tanah, memperbaiki unsur hara, meningkatkan kadar air di bawah tegakan.

Manfaat lain seperti, mampu menahan terjangan ombak dan diharapkan mampu menahan terjangan tsunami serta mencegah abrasi pantai.

Baca juga: Siswa di Gowa Belajar Pendidikan Air Ala Jepang

Tumbuhan ini masih berkerabat dekat dengan cemara sumatera dan cemara gunung.

Cemara Laut merupakan tanaman jenis pohon berumah satu dengan percabangan halus, dan pepagan berwarna coklat-keabu-abuan muda.

Juga merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir. 

Jenis ini mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan.

Penanaman tanaman Cemara Laut adalah salah satu teknik konservasi tanah secara vegetatif dan bersifat permanen. teknik ini berhasil diterapkan di Kebumen, Jawa Tengah. 

Penelitian Guru Besar Fakultas Kehutanan Prof Suhardi, menemukan, pembuatan lapisan Cemara Laut atau Cemara Udang di sepanjang pantai berfungsi sebagai benteng pelindung dari abrasi pantai dan tsunami.

Baca juga: Alat Penakar Hujan Otomatis BMKG di Sulteng Dicuri

Hutan cemara ini juga menjadi tempat berkembangnya satwa yang sangat peka dengan tanda-tanda terjadinya tsunami, sehingga dapat memberi isyarat kepada masyarakat akan datangnya tsunami.?

Selain untuk mitigasi tsunami, vegetasi hutan cemara sangat baik untuk membuat lahan sekitar pantai menjadi produktif. 

Kawasan di sekitar pun bisa dijadikan sebagai tambak udang dan peternakan karena kemampuan pohon ini mengikat nitrogen (biasanya disebut pupuk urea alami). 

Tanaman Cemara Laut juga dapat berfungsi sebagai peneduh dari sinar matahari bagi wisatawan.(*)

Editor: Sriwidiah Rosalina Bst
Sumber: BNPB Indonesia

Tags: Mitigasi Bencana Cemara Laut
Baca Juga:
Komentar