AG-user

AG-User

Perbaiki Ekosistem Terumbu Karang, KKN ENJ Unhas Lakukan Transplantasi Karang

Rabu, 10 Juli 2019 21:42
Perbaiki Ekosistem Terumbu Karang, KKN ENJ Unhas Lakukan Transplantasi Karang
AG-User (Enol Syahyadi)

Mahasiwa KKN ENJ Unhas menggelar transplantasi karang di Pulau Larearea Kecamatan Pulau Sembilan Sinjai, Rabu (10/07/2019).

Divisi lingkungan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Unhas menggelar transplantasi karang di Pulau Larearea Kecamatan Pulau Sembilan Sinjai, Rabu (10/07/2019).

Pulau Larearea merupakan salah satu pulau wisata dengan tutupan karang yang semakin buruk. Berdasarkan hal tersebut, menjadi landasan bagi peserta KKN ENJ melakukan transplantasi di lokasi tersebut.

Kegiatan transpalantasi karang berlangsung cukup lama dengan menerjunkan lima puluh media transplantasi di berbagai titik. 

"Kami berharap transplantasi yang kami lakukan dapat meningkatkan populasi karang di Pulau Larearea dan ke depannya mendapat dukungan dari masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kelestarian terumbu karang," ungkap Ahmad Amar Afif selaku Koordinator Divisi Lingkungan, saat ditemui di bibir pantai Pulau Larearea.

Kendala utama transplantasi di pulau tersebut yaitu terbatasnya mobilisasi perlengkapan dari Kota Sinjai menuju posko KKN di Pulau Kanalo Dua.

Bibit utama yang dipasang dalam transplantasi tersebut diambil dari beberapa pulau sekitar yang telah melewati proses sortir kelayakan hidup sejak beberapa hari sebelumnya.

Suhandi selaku Koordinator KKN ENJ Unhas berharap agar kegiatan transplantasi karang yang telah dilakukan mendapatkan pengawasan ke depannya demi pertumbuhan karang.

Selain itu juga berharap agar masyarakat sekitar dapat menjaga kondisi karang di Pulau Larearea dari berbagai aktivitas nelayan yang dapat merusak ekosistem karang.

Usai transpalantasi dilakukan, para peserta KKN ENJ Unhas membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di berbagai titik di Pulau Larearea.

Enol Syahyadi

Enol Syahyadi

Mahasiswa Unhas
Tags: Unhas KKN ENJ Unhas KKN Unhas Kabupaten Sinjai
Baca Juga:
Komentar