AG-user

Peserta Diklat Dai Internasional PBNU Tiba di Mesir

Senin, 2 September 2019 16:17
Peserta Diklat Dai Internasional PBNU Tiba di Mesir
AG-User (Dr. H. A. Muhammad Akmal, S. Ag, MHI)

Rombongan peseta diklat dai internasional sesaat setelah mendarat di Kairo, Mesir, Ahad (1/9/2019).

Alagraph, Mesir - Setelah silaturrahim Syekh Al Azhar Mesir dengan  ketua Umum PBNU di Jakarta, tahun lalu, salah satu di antara kesepakatannya, adalah perlunya mengedepankan Islam yang moderat dalam kehidupan bermasyarakat. Intinya, moderasi dalam beragama.

Secara teknis, bahwa PBNU bekerja sama dengan Universitas Al Azhar, Mesir, akan mengadakan diklat dai internasional, yang akan dilaksanakan di Universitas Al Azhar, Mesir.

Di Indonesia, PBNU, diberikan amanah untuk merekrut dan menyaring calon peserta diklat tersebut.

Diawali seleksi tulisan dan wawancara kepada para calon peserta utusan dari Muballig/Dai dari Pengurus Ranting, Cabang dan Pengurus Wilayah NU se-Indonesia, terkait dengan penguasaan Bahasa Arab, Al Qur'an dan Hadits n Ilmu Dakwah.

Terpilihlah 40 peserta, dari 200 pendaftar, untuk mengikuti kegiatan tersebut pada tahun 2019.

Kegiatan "Tadribut Du'at wal Aimmah"atau Diklat Dai Internasional". Diklat ini akan berlansung selama dua bulan, bertempat di Madinah Bu'uts Islaamiyyah, Kairo, Mesir.

Para peserta diberangkatkan dalam empat gelombang atau empat Angkatan. Setiap angkatan utusan PBNU, akan bertemu dengan sesama peserta diklat dari luar Negeri.

Angkatan pertama, sepuluh orang, telah berlangsung sejak Mei hingga Juni, selanjutnya angkatan kedua, dijadwal Juli sampai Agustus.

Sedangkan angkatan ketiga, baru saja tiba di Kairo Mesir, Ahad dini hari (1/9/2019) bertepatan 1 Muharram 1441 H., pesertanya sebanyak 10 orang dari Indonesia, utusan dari PBNU. Kegiatan diklat akan berlansung selama 2 bulan ke depan, September hingga Oktober. 

Dipimpin oleh Dr. H. Bukhari Ismail, M.Ag, Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU, Dosen UIN Jakarta. Para peserta diklat dai ini, adalah utusan dari pondok pesantren, dai, dan akademisi.

Diklat Angkatan ketiga ini, diikuti juga oleh para dai dari beberapa negara; Kamerun, Nigeria, Kazakhtan, Cina, Sri Lanka dan Burma.

Harapannya, setelah mengikuti diklat ini, para alumni akan lebih mengoptimalkan dakwah yg moderat, toleran dan cinta NKRI.

Para pengajar diklat, adalah para syekh, dosen senior dan muballig Al Azhar, yang akan membawakan materi-materi seputar ilmu-ilmu keislaman, semisal Ilmu AlQuran dan Hadits, materi dai dan problematika dakwah kontemporer.

Dr. H. A. Muhammad Akmal, S. Ag, MHI

Dr. H. A. Muhammad Akmal, S. Ag, MHI

Dosen UIN Alauddin Makassar DPK UIM
Tags: Universitas Al Azhar Mesir PBNU
Komentar