Polda Sulsel Tahan Empat Tersangka Korupsi Bimtek Enrekang

Rabu, 5 Desember 2018 05:03
Polda Sulsel Tahan Empat Tersangka Korupsi Bimtek Enrekang
lainnya ( Int )

Ilustrasi korupsi

Alagraph.com, Makassar- Penyidik Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menahan empat tersangka dugaan korupsi dana bimbingan teknis (Bimtek) Kabupaten Enrekang.

Empat tersangka yaitu mantan ketua DPRD Enrekang Banteng Kadang, dua wakil ketua masing-masing Arfan Renggong dan Mustiar Rahim serta sekretaris DPRD Sangkala Tahir.

Juru bicara Polda Sulsel Komisaris Besar Dicky Sondani mengatakan para tersangka diduga menyelewengkan dana pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2015-2016. 

Saat menjadi pimpinan mereka melakukan kegiatan yang tak sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri ke tujuh kota/kabupaten di Indonesia. Diantaranya kegiatan di Kota Makassar, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Lombok, Solo, dan Jakarta.

“Keempat tersangka kita tahan di Polda,” ucap Dicky saat memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (4/12/2018).

Baca juga: Petugas Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Amankan 13 Saset Sabu

Menurutnya empat tersangka akan ditahan dalam 20 hari kedepan. Karena penyidik juga ingin melengkapi berkas perkara untuk diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Sulsel.

Dicky menambahkan pimpinan dewan tersebut diduga menggunakan anggaran yang tak sesuai peruntukkannya, sehingga tidak ada legalitasnya.

Hasil audit yang dilakukan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel kerugian negara capai Rp 855 juta, dari total dana Rp3,6 miliar.

Baca juga: Hukum Unhas Jalan Santai Kampanye Antikorupsi

Akibat perbuatannya, mereka dikenakan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 juncto Pasal 18 ayat 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman penjara lima tahun.

Tersangka Banteng yang dicoba konfirmasi nomor ponselnya tidak aktif. Namun sebelumnya ia mengaku mundur dari jabatan ketua DPRD Enrekang lantaran ingin fokus menyelesaikan proses hukum yang melibatkannya.

“Saya tetap kooperatif dan ikut proses hukum,” ucap Banteng. (Alagraph/Didit Hariyadi)

Penulis: Didit Hariyadi
Editor: Sriwidiah Rosalina Bst
Sumber: Alagraph

Tags: Korupsi Bimtek Enrekang korupsi Koruptor Polda Sulsel
Komentar