Sidak Pasar, KPPU Makassar Temukan Kenaikan Harga Beras

Minggu, 14 Januari 2018 01:41
Sidak Pasar, KPPU Makassar Temukan Kenaikan Harga Beras
pixabay.com

Beras di pasar cenderung mengalami kenaikan harga

Alagraph.com, Makassar -  Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) inspeksi mendadak ke sejumlah pedagang beras di kota Makassar, Sabtu (13/1). Mereka berkeliling untum melihat langsung stok dan gejolak di lapangan.

Ketua Perwakilan Daerah (KPD) KPPU Makassar, Ramli Simanjuntak, Sabtu sore, mulai menyisir sejumlah pedagang beras di sekitaran Pasar Pannampu dan Pasar Cidu. Dari kunjungan itu disimpulkan bahwa harga di sebagian pedagang telah mengalami kenaikan.

"Dari lima pedagang beras yang kita datangi, semua mengaku telah menaikkan harga berasnya dan itu dikarenakan beras yang dibelinya dari pedagang pengumpul juga menaikkan harganya," ujarnya.

Meskipun dari lima pedagang beras yang dikunjungi menunjukkan adanya kenaikan harga beras, namun kenaikannya juga tidak signifikan dan tidak seragam. Karena kenaikan perkilogramnya bervariasi, mulai dari Rp300 hingga Rp1.000.

Ramli menyatakan, semua pedagang yang ditanyai tentang kenaikan beras itu, kurang memahami jelas dasar kenaikannya karena para pedagang tempatnya mengambil beras juga menaikkan harga.

"Kita tadi tanya-tanya ke pedagang kenapa dinaikkan harganya. Jawabannya itu, ada yang bilang stok beras mengalami kekurangan dan ada juga yang bilang harganya dinaikkan sama pedagang pengumpulnya," katanya.

Ia menyebutkan, kenaikan dan tingginya harga beras dikarenakan adanya rantai distribusi yang sangat panjang dan setiap rantai ini mengambil keuntungan.

Berdasarkan hitungannya setelah melakukan investigasi selama bertahun-tahun di Sulawesi Selatan, sedikitnya ada tujuh rantai distribusi pasar sebelum komoditas itu sampai ke warga (user).

"Ini setelah saya tiga tahun bertugas di wilayah Sulawesi Selatan dan saya sudah menyusuri semuanya, mulai dari tingkat petani, pengumpul, pedagang kecil, sedang dan besar hingga ke penjual. Jadi, lama saya lakukan investigasi dan hasilnya memang mencengankan," jelasnya.

Sumber: Antara

Tags: Beras KPPU Pasar tradisional
Baca Juga:
Komentar