Tak Ingin Kalah dari WhatsApp, Apple Siapkan Aplikasi Chat untuk Bisnis

Sabtu, 27 Januari 2018 21:22
Tak Ingin Kalah dari WhatsApp, Apple Siapkan Aplikasi Chat untuk Bisnis
Tech Crunch

Apple meluncurkan Business Chat seiring dengan rilis publik iOS 11.3 musim semi ini

Alagraph.com - Apple Inc tengah menyiapkan fitur baru di iMessage yang memungkinkan konsumen mengobrol bisnis melalui platform pesan Apple.

Fitur itu disebut Business Chat, diumumkan tahun lalu di Apple's Worldwide Developer Conference, dan akan memulai debut musim semi ini dengan mitra peluncuran termasuk Discover, Hilton, Lowe's dan Wells Fargo.

Manajemen Apple mengatakan, Business Chat akan diluncurkan dengan rilis publik iOS 11.3 musim semi ini.

Fitur ini akan memungkinkan konsumen untuk berbicara dengan perwakilan layanan bisnis di iMessage, melakukan pembayaran melalui Apple Pay, dan menjadwalkan janji temu, tergantung pada kebutuhan bisnis.

Langkah ini merupakan dorongan besar Apple untuk mengubah komunikasi B2C, pembayaran, dan layanan pelanggan ke platform pesannya sendiri, dan jauh dari perusahaan teknologi yang saat ini mendominasi perpesanan bisnis, seperti Facebook Messenger, Google, Twitter.

Dan, bulan ini, WhatsApp Inc, meluncurkan aplikasi WhatsApp Business miliknya.

Baca juga: Tak Ingin Kalah dari WhatsApp, Apple Siapkan Aplikasi Chat untuk Bisnis

Ya, Apple rupanya tidak diam begitu saja, ada juga inovasi sendiri untuk model platform di atas. Meskipun kelihatan "aneh" mengobrol bisnis di iMessage, di mana orang-orang sekarang mengikuti teman dan keluarga melalui percakapan pribadi.

Permintaan untuk perpesanan bisnis berkembang, tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi juga di pasar negara berkembang yang melewatkan siklus PC sama sekali dan bergabung dengan web untuk pertama kalinya melalui ponsel cerdas.

Bagi mereka, mengirim pesan ke bisnis terasa wajar dengan melepaskan email ke layanan pelanggan, tampaknya bagi kita yang tumbuh dengan komputer.

Ditambah lagi, mayoritas konsumen mengatakan bahwa mereka lebih suka mengirim pesan bisnis daripada menghubungi layanan pelanggan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nielsen yang dirilis pada musim gugur yang lalu, yang menemukan bahwa 56 persen ingin mengirim teks, bukan telepon.

Sebanyak 67 persen lagi mengatakan bahwa mereka mengharapkan lebih banyak untuk mengirim lebih banyak bisnis selama dua tahun ke depan.

Apple memang memiliki keunggulan karena tidak memerlukan unduhan aplikasi karena iMessage menggunakan perangkat iOS.

Ini juga memiliki platform pembayaran built-in sendiri dengan Apple Pay, yang dapat mempermudah transaksi. (*)

Sumber: Tech Crunch

Tags: Apple WhatsApp Bisnis iMessage
Baca Juga:
Komentar