Temuan “Robot Ilmuwan”, Pasta Gigi Bisa Bantu Perangi Malaria

Senin, 22 Januari 2018 20:37
Temuan “Robot Ilmuwan”, Pasta Gigi Bisa Bantu Perangi Malaria
lainnya ( pixabay.com )

Ilustrasi nyamuk pembawa malaria

Alagraph.com - Sebuah ‘robot ilmuwan’ telah membantu peneliti mengidentifikasi bahwa senyawa kimia yang ditemukan dalam pasta gigi yang dapat membantu dalam memerangi malaria.

Tim peneliti, dengan bantuan robot Eve yang cerdas secara artifisial, telah menemukan triclosan -agen antibakteri yang menghentikan plak untuk membangun gigi -dapat digunakan sebagai obat anti malaria.

Eve dikembangkan oleh para ilmuwan di Universitas Manchester, Aberystwyth, dan Cambridge Inggris untuk mempercepat proses penemuan obat. Ia mampu menyaring lebih dari 10.000 senyawa per hari.

Tim percaya triclosan dapat digunakan sebagai obat melawan strain parasit malaria yang telah tumbuh resisten terhadap obat yang saat ini digunakan yang disebut pirimetamin.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, hampir setengah dari populasi dunia berisiko terkena malaria. Pada tahun 2015, ada sekitar 212 juta kasus malaria dan diperkirakan 429.000 kasus kematian akibatnya.

Profesor Steve Oliver, dari Universitas Cambridge, mengatakan: "Malaria yang resistan terhadap obat menjadi ancaman yang semakin signifikan di Afrika dan Asia Tenggara, dan obat-obatan yang efektif untuk pengobatan kita perlahan habis. Pencarian obat-obatan baru semakin mendesak."

Malaria disebabkan oleh parasit yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Parasit ini pertama kali bekerja dengan cara masuk ke dalam hati di mana mereka matang dan bereproduksi (tahap hati), dan kemudian meninggalkan untuk membajak sel darah merah di mana mereka terus berkembang biak dan menyebar ke seluruh tubuh (tahap darah).

Para peneliti menemukan triclosan untuk mempengaruhi pertumbuhan parasit malaria dengan menghambat enzim yang disebut dihydrofolate reductase (DHFR) pada tahap darah.

DHFR sudah menjadi sasaran pirimetamin, obat anti malaria yang mapan, namun ketahanan terhadap obat di antara parasit malaria biasa terjadi, kata periset.

Sumber: Mirror

Tags: Inggris Malaria Pasta gigi
Baca Juga:
Komentar