Unhas Optimalkan Aplikasi Turnitin untuk Cegah Pelagiarisme

Kamis, 8 November 2018 18:50
Unhas Optimalkan Aplikasi Turnitin untuk Cegah Pelagiarisme
Unhas

Pusat Manajemen Publikasi Universitas Hasanuddin menggelar Training Turnitin Application For Plagiarism Detection, Kamis (8/11/2018).

Alagraph.com, Makassar- Pusat Manajemen Publikasi Universitas Hasanuddin menggelar Training Turnitin Application For Plagiarism Detection, Kamis (8/11/2018).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Sekolah Pascasarjana Unhas ini diikuti oleh staf tim Penilai Angka Kredit (PAK) di 15 fakultas.

Turnitin merupakan aplikasi berbasis online untuk memeriksa originalitas naskah yang lazim digunakan dalam dunia akademik.

Dengan aplikasi ini, publikasi ilmiah semakin berkualitas, sekaligus untuk meningkatkan integritas penulis dalam menghasilkan artikel ilmiah. 

Baca juga: Daftar Pelamar CPNS Unhas yang Lulus Seleksi Administrasi

Penggunaan alat pemeriksa plagiarisme sangat penting untuk memastikan setiap karya ilmiah memiliki indeks kesamaan yang rendah yang pada akhirnya berguna untuk kenaikan pangkat akademik menjadi profesor.

Kegiatan tersebut merupakan langkah lanjut dari PMC setelah Unhas membeli lisensi software Turnitin.

Dengan aplikasi teknologi ini, tim PAK nantinya bisa mencegah setiap upaya penciplakan karya ilmiah. 

Selain itu, penggunaan teknologi digital ini akan berdampak positif terhadap pengurangan publikasi yang redundan, pemalsuan data, dan konflik kepentingan dalam penilaian.

Turnitin Application For Plagiarism Detection, perangkat lunak pendeteksi dokumen pelagiat.

Baca juga: Hukum Unhas Jalan Santai Kampanye Antikorupsi

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof Muhammad Restu, yang membuka Training Plagiarism Check ini mengatakan, keberadaan software baru tersebut diharapkan dapat memenuhi keinginan civitas akademika Unhas.

"Perangkat lunak ini dapat membantu kenaikan pangkat, publikasi paper, dokumen lainnya seperti proposal penelitian dan borang-borang aplikasi," kata Restu dalam keterangan tertulis yang diterima Alagraph. (Alagraph)

Editor: Ramdha Mawaddha
Sumber: Alagraph

Tags: Unhas Pelagiarisme Turnitin Publikasi ilmiah
Baca Juga:
Komentar