Istri Ustaz Maulana Meninggal

"Mohon Maafkan Segala Kesalahan Istri Saya"

Selasa, 22 Januari 2019 00:13
  • ist

    Ustaz Nur Maulana dan istri Nur Aliah Ibnu Hajar serta anak mereka.

  • Andi M Natsir

    Ustaz Nur Maulana tidur memeluk mayit istrinya, Nur Aliah (41). Tiga anak Nur Maulana-Nur Aliah: Munawar, Munirah, dan Munawarah juga tidur dekat sang ibu, Senin (21/1/2019) dini hari. Inilah malam terakhir Ustaz Maulana dan anak-anak sepembaringan di kediaman duka, Jl Sibula Dalam, Kecamatan Bontoala, Makassar. Nur Aliah meninggal di RS Bhayangkara Makassar, Minggu sore. Foto ini viral di media sosial. [Foto doc. Andi M Natsir]

Alagraph.com, Makassar - "Aku selalu mencintaimu Ummi Naura," kalimat Ustaz Muhammad Nur Maulana (44).

Kata-kata Ustaz Nur Maulana dihaturkan di akun instagram @m_nur_maulana, untuk istrinya almarhumah Nur Aliah (41) yang akrab disapa Ummi Naura.

Kalimat itu diawali pinta maaf, "Mohon maafkan segala kesalahan istri saya, mohon doakan yang terbaik untuk istri saya."

Penyampaian ustaz "jamaah oh jamaah" menuai ratusan ribu repons like dan ucapan belasungkawa.

Di akun instagram rekan Ustaz Maulana, Oki Setiana Dewi (@okisetianadewi) lebih banyak lagi. Masih mengalir hingga berita ini ditulis.

"Allahumma firlaha warhamha wa afiha wa fu anha" - "Ya Allah, ampunilah dosanya, berilah rahmatMu ke atasnya, sejahtera dan maafkanlah ia," tulis Oki, aktris pemeran Anna film Ketika Cinta Bertasbih.

Usailah perjuangan Nur Aliah melawan penyakit kanker usus, tujuh tahun lamanya. Ibunda Munawar, Munirah, dan Munawarah, itu menghembuskan napas terakhir, Minggu (20/1/2019).

Nur Aliah meninggal di RS Bhayangkara Polda Sulsel, Jl Mappaoddang, Kota Makassar, sekitar Pukul 17.00 Wita.

Dari Jakarta hingga tiba ke rumah duka di Makassar, Oki Setiana Dewi rajin meng-update kabar duka.

"Untuk guru kami ustadz Maulana, selama bertahun-tahun bersama beliau hampir setiap hari, maka saya mengenali beliau orang yang sangat baik. Entah berapa masjid dibangun berapa ratus orang yg telah diumrahkan , dan semua kebaikkan lainnya. Betapa beliau senantiasa ceria dan tak pernah menunjukkan kesedihannya. Pernah suatu hari saya melihat seseorang menangis meminta bantuannya. Beliau menasihati utk tidak menunjukkan kesedihan di depan manusia dan terlalu mengiba-iba pada manusia . Beliau bantu orang tersebut dengan nilai yg besar padahal saya tau, istri beliau sedang sakit parah dan memerlukan biaya besar. Ustad.. saya tau dan yakin.. Allah anugerahkan kesabaran dan ketabahan utk ustad.. Ummi.. semoga husnul khatimah.. betapa sy tau ustad sangat mencintai ummi dan selalu menyebutkan " istri saya tidak pernah punya dosa pada saya" .Semoga ummi ditempatkan di jannah-Nya insyaAllah." tulis Oki.

Oki dan rekan program religi Trans Tv Islam Itu Indah tiba di persamayaman Nur Aliah, Jl Sibula Dalam, Kecamatan Bontoala, Makassar, Pukul 03.00 Wita.

Di sela melayat, Oki berbincang Ustaz Maulana tentang sosok Nur Aliah semasa hidup hingga akhir hayatnya.

Ustaz yang dikenal ramah nan humoris mengungkapkan, Nur Aliah, istri yang hebat.

Baca juga: Sosok Ummi Naura di Mata Ustaz Nur Maulana

Maksudnya, Nur Aliah yang meneladani Ummul Mukminin Ummu Abdillah Aisyah binti Abu Bakr atau Aisyah, istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Sosok ummi Naura itu ikhlas, baik, cantik pintarnya seperti Aisyah,” kata Ustaz Nur Maulana kepada Oki.

Ustaz Maulana juga menilai Nur Aliah laiknya istri pertama Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah.

“Saya merasa ada sosok Khadijah yang rela semuanya, masjidnya udah jadi, beberapa harta bendanya dijual untuk membangun masjid dan juga disumbangkan ke sekolah.”

Ustaz Maulana sempat tak sudi menahan sedih atas kepergian istri. Dia jatuh pingsan.

Kalau sang ayah pingsan, justru dua anak Ustaz Maulana yang masih kecil lugu, sempat tertawa di dekat jasad sang ibu. Tertawa karena dikira ibu mereka tengah tidur.

Dua anak Ustaz Nur Maulana tertawa di dekat mayit ibunda mereka, Nur Aliah, di kediaman duka, Jl Sibula Dalam, Bontoala, Makassar, Minggu (20/1/19) malam. Mereka tertawa, mengira sang ibu tengah tertidur. Sosok pria di dekat mayit adalah H Hafsah, saudara Ustaz Nur Maulana. [Foto doc. Oki Setiana Dewi]

Kemudian malam larut, atau dini hari Senin, Ustaz Maulana dan ketiga anaknya tidur di dekat mayit Aliah. Kebersamaan terakhir.

Ustaz Nur Maulana tidur memeluk mayit istrinya, Nur Aliah (41). Tiga anak Nur Maulana-Nur Aliah: Munawar, Munirah, dan Munawarah juga tidur dekat sang ibu, Senin (21/1/2019) dini hari. Inilah malam terakhir Ustaz Maulana dan anak-anak sepembaringan di kediaman duka, Jl Sibula Dalam, Kecamatan Bontoala, Makassar. Nur Aliah meninggal di RS Bhayangkara Makassar, Minggu sore. Foto ini viral di media sosial. [Foto doc. Andi M Natsir]

Sepuluh tahun lima bulan Nur Maulana-Nur Aliah hidup bersama. Selama itu,”tak pernah marahan,” menurut pengakuan Maulana sendiri.

Ustaz Nur Maulana salah satu murid terbaik almarhum Anregurutta, AGH Harisah AS, di Pondok Pesantren An Nahdlah Ujung Pandang. Nur Maulana lulus tahun 1994.

Setelah mondok, Nur Maulana tetap setia mengajar di An Nahdlah. Juga mengajar Agama Islam di SD Athirah Makassar dan SD Islam Mangkura.

Ustaz Nur Maulana dan Nur Aliah menikah 8 Agustus 2008. Kurang lebih setahun kemudian, karir Ustaz Maulana naik daun.

Dia dipercaya jadi dai "Islam Itu Indah" program spesial  Trans Tv, kemudian "Happy Show" mulai 2015 di stasiun televisi yang sama, hingga saat ini.

Melejitnya karir sang suami tak berarti mengubah gaya hidup Nur Aliah menjadi serba gemerlapan, tidak glamor, tidak mewah-mewahan diri.

Ustaz Nur Maulana mengakui Nur Aliah tetaplah sosok yang sederhana, salehah.

Nafkah dari suami ternyata Nur Aliah gunakan untuk membantu sesama yang kurang mampu.

Cerita singkat Ustaz Maulana tentang Nur Aliah kemudian diunggah Oki ke instagram.

Wafatnya Hajjah Nur Aliyah (Ummi Naura), Istri Ustadz Maulana ( part 1) Sahabat, pkl 3.00 dini hari (21 Januari 2019) saya dan beberapa teman @islamituindahttv tiba di rumah duka. Airmata ini tumpah ruah saat melihat Ustadz serta keempat anak-anaknya yang masih kecil-kecil tertidur lelah mengelilingi Ummi.

Selanjutnya, Ustadz terbangun dan menceritakan banyak hal mengenai Ummi. Dari perkataan beliau, Ummi sakit kanker usus dari 7 tahun yang lalu. Namun baru ketahuan di tahun 2018 karena Ummi tidak pernah mau periksa ke rumah sakit. Selanjutnya Ummi pun hanya melakukan pengobatan alternatif.

Sebelum wafatnya, banyak kebaikkan yang dilakukan Ummi. Seluruh harta yang Ustadz berikan untuk Ummi ternyata diserahkan seluruhnya untuk membangun masjid dan sekolah gratis bagi orang tak mampu. November 2018, Ummi meminta izin pada Ustadz dalam kondisi yang mengidap penyakit tersebut untuk umrah sekaligus juga mengumrohkan 40 orang secara gratis. Saat wafatnya pun, berbondong-bondong orang datang dan memberi pengakuan ," saya pernah ditolong Ummi". Saat ustad datang, semua tenda telah terpasang, Ustadz pun tak mengeluarkan uang sepeserpun untuk biaya rumah sakit. Begitu banyak orang datang membantu Ummi.

Ummi memudahkan Ustdz saat hidupnya maupun saat wafatnya. "Saya tidak pernah memarahi ummi selama 10 tahun 5 bulan pernikahan. Beliau istri sholihah yang patuh. Beliau tidak ada dosa dengan sy". Begitu ucap Ustad tersenyum sambil terus mengelus badan ummi. "Ia seperti Siti Khadijah bagi saya. Seluruh harta diberikan di jalan Allah. Ia pun seperti Siti Hajar, yang ditinggal suami dan membesarkan anak-anak sendiri, ia juga seperti Aisyah yang cantik dan pintar". Puji Ustadz.

Air mata saya menggenang, karena saya tahu betul, selama ini Ustadz berdakwah setiap hari di Jakarta sedangkan Ummi & anak-anak di Makassar. Ustadz merasa tak tega jika istri dan anak-anaknya jauh dari keluarga besar.Hingga Ustadz lah yang kemudian bolak balik Jakarta-Makassar. Tentu saja, banyak pengorbanan yang Ummi lakukan. Salah satunya merelakan waktu Ustadz yang lebih banyak kepada ummat dibandingkan pada istri dan anak-anak.


Jenazah Nur Aliah Ibnu Hajar dikebumikan di pekuburan Arab Islam Bontoala, Makassar. Makam almarhum Hadji Kalla, ayah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, juga terdapat di pemakaman ini.

Dari rumah duka hingga pemakaman, padat manusia, diperkirakan ribuan warga mengantar.

Turut berdukacita. Selamat jalan Nur Aliah. 

Simak VIDEO Doa Ustaz Maulana untuk Sang Istri

Editor: Ilham Mangenre

Tags: Ustaz Nur Maulana Nur Aliah Ibnu Hajar Oki Setiana Dewi
Baca Juga:
Komentar