AG-user

Walimah dan Sum'ah

Selasa, 30 Juni 2020 12:47
Walimah dan Sum'ah
AG-User (Andi Taufiq Eka Putra)

Dr H Aydi Syam, pembina Ponpes DDI Mangkoso (kiri)

Oleh:

Muh. Aydi Syam, pembina Ponpes DDI Mangkoso

Bismillah ..."

وَعَنِ ابنِ مَسعُود - رضي الله عنه - قالَ: قالَ رسولُ الله - صلى الله عليه وسلم -: "طَعَامُ الوليمة أَوَّلَ يَوْمٍ حَقٌّ، وَطَعَامُ يَوْمِ الثّاني سُنّةٌ، وَطَعَامُ يَوْمِ الثّالِثِ سُمْعَةٌ، وَمَنْ سَمَّعَ سَمَّعَ اللهُ بِهِ"(رَوَاهُ التِّرّمِذيُّ: 1097)

Artinya:

Dari Ibnu Mas'ud r.a. telah berkata, "Rasulullah Saw. telah bersabda, "makanan walimah (resepsi) pada hari pertama adalah hak (wajib), makanan walimah pada hari ke-2 adalah sunnat, dan makanan walimah pada hari ke-3 adalah sum'ah (mencari sanjungan). Barang siapa yang melakukan sum'ah, niscaya Allah membuka aibnya" (H.R. al-Tirmiziy: 1097).

Penjelasan:

     1) Hadis tersebut dha'if (lemah) menurut Imam al-Albaniy.

     2) Menurut teks hadis, hukum menghadiri walimah ada 3, yaitu: wajib pada hari pertama, sunnat pada hari kedua, dan makruh pada hari ketiga.

     3) Urutan hukum tersebut berlaku ketika yang bersangkutan sempat hadir pada hari pertama lalu mengulur ke hari berikutnya tanpa ada uzur yang jelas.

     4) Andai sahibul-walimah (pemilik acara) menjadwal tamunya secara bergiliran karena sakin padatnya, maka yang mendapat undangan pada hari ke-2, itulah hari pertama baginya. Bagi yang mendapat undangan pada hari ke-3, maka itulah hari pertama baginya, demikian seterusnya.

     5) Bagi mereka yang uzur pada hari pertama, maka hukum wajib masih berlaku untuknya pada hari berikutnya ketika dia sudah berkesempatan selagi walimah masih terbuka.

و الله تعالى أعلم بالصواب

Pesan Moral:

     1) Rasulullah Saw. mengecam walimah dijadikan ajan sum'ah (mencari sanjungan dan pujian) karena walimah adalah sunnah sementara sunnah adalah mulia. 

     2) Bagi yang berwalimah karena sum'ah atau menghadiri undangan karena sum'ah, maka sungguh menodai kemuliaan sunnah dan mendapat kecaman dari Rasulullah Saw. Wahai umat Rasulullah waspadailah!

و الله المستعان و عليه التكلان 

SALAM SILATURRAHIM

Baca juga: Kata Putra AGH Ambo Dalle untuk DDI Abrad

Andi Taufiq Eka Putra

Andi Taufiq Eka Putra

Wiraswasta bidang konstruksi
Tags: Pernikahan Dr H Aydi Syam DDI Mangkoso
Baca Juga:
Komentar